Beranda Info Wisata Pantai Jogan

Pantai Jogan

Objek wisata pantai Jogan ini diapit oleh tebing-tebing khas pegunungan kapur pantai Jogan ini seperti peraduan saja dimana tempat air sungainya turun yang turun gunung sampai dengan ombak yang lansung ke laut lepas. Pantai ini sangat istimewa dibandingkan dengan pantai-pantai yang lainnya di pesisir Gunung Kidul, Pantai Jogan ini berhasil merebut daya tarik wisatawan sehingga tempat ini dijuluki sebagai pantai istimewa karena adanya air terjun dari atas tebing ke bibir laut langsung.

Tentunya air terjun terebut mengingatkan kit pada objek wisata sekelas McWay Beach Waterfall yang ada di dataran California. Pantai ini sendiri perlokasi di sebalah barat persis pantai Siung yang terkenal dengan tebing Siung. Jika anda ingin berkunjung ke pantai Jogan bisa dengan berkendra dari Jogja dengan menempuh jarak mencapai 2 jam lamanya.

Pantai Jogan

Bagaimana sampai kesana?

Anda akan melewati jalanan dengan aspal yang sangat halus tanpa adanya cacat, berkelok-kelok yang membelah bukit-bukit karst yang merupakan sisa-sisa lautan jutaan tahun yang lalu. jika anda tiba di Pos Retribusi Pantai Siung hal tersebut berarti bahwa Pantai Jogan ini sudah semakin dekat karena ada sekitar 400 meter dari pos, selain itu juga anda tidak perlu bingung lagi karena akan terlihat papan kau penunjuk arah mencapai Jogan.

Setelah anda melewati jalanan yang mulus kemudian akan melewati jalan setapak yang akan memandu anda menuju ke pantai. Selain itu juga anda akan mlihat dua sungai kecil yang terletak di sisi kiri yang kemudian akan menyatu kembali setelah itu menjelma menjadi air terjun yang indah.

Sayang sekali jika keelokannya hanya akan bisa anda saksikan pada musim penghujan saja. Sementara itu pada musim kemarau memiliki debit air yang sangat kecil ditambah lagi dengan aktivitas penyedotan airnya untuk keperluan warga sekitar. Jika anda ingin menikmati guyuran-guyuran air dari atas tebing tersebut anda harus turun ke bawah.

Bagaimana jika ingin ke pantainya?

Anda ingin turun? Ada beberapa cara yang bisa anda tempuh, yang pertama adalah dengan  tehnik canyoning alias rappeling di air terjunnya. Tentu hal tersebut sangat diperlukan berbagai peralatan-peralatan yang memilki kemampuan mumpuni untuk dapat melakukannya. Yang kedua adalah menapaki turunan licin yang sangat basah.

Anda juga akan sangat mudah untuk melaluinya karena tersedia kayu-kayu pegangan sebagai penopang tubuh anda. Namun anda memang harus berhati-hati karena jalur yang akan anda lalui tersebut sangatlah curam dan licin. Setelah melewati jalanan tersebut maka anda akan melewati sebuat karang yang dihuni oleh banyaknya bahkan sampai ribuan bayi kepiting warn transparan berukuran sekitar 5 mm.

Melawati karang tersebut dengan kaki telanjang tentunya bukan hal yang mudah ya. Kepiting-kepiting kecil tersebut biasanya penduduk masak dengan menggunakan nasi hangat di kala musim hujan. Selain kepiting wisatawan yang melewati jalanan ini akan berjumpa gerombolan kupu-kupu di bebatuan yang kering.

Jika anda ingin melihat pemandangan ini sendiri anda bisa datang dengan menggunakan kendaraan pribadi anda, jika anda berasal di luar kota, maka anda bisa datang dengan Rental mobil di Jogja sendiri

Akhirnya anda akan menjumpai pemandangan pantai dengan langit biru pemandangan lepas Samudera Hindia, gelombang ombak yang sangat cantik bergulung-gulung di lepas pantainya, anda akan disajikan dengan percikan derasnya suara air terjun, nikmati airnya pada kaki anda ketika berdiri di bebatuan karang.

Pantai ini memang membuat semua orang ingin kembali berkunjung lagi, mampu memberikan kesegaran bagi para wisatawannya. Memiliki pasir putih yang luasnya hamparan di Gunungkidul. Pantai ini akan menjadi sebuah tempat yang sangat tepat bagi anda berlibur merasakan sensasi yang teramat berbeda jika dibandingkan dengan pesisir selatan Jogja yang lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

5 Makanan Unik Dalam Wisata Kuliner di Jogja

Berwisata keliling Jogja memang membuat perut menjadi lapar. Tapi jangan khawatir karena Jogja selalu mempunyai sajian makanan yang enak dan mengenyangkan. Jogja...

Pantai Jogan

Objek wisata pantai Jogan ini diapit oleh tebing-tebing khas pegunungan kapur pantai Jogan ini seperti peraduan saja dimana tempat air sungainya turun...

Menilik Keindahan Sejarah dari Candi Ijo

Jogja memang selalu istimewa baik yang berada di perkotaannya atau di pelosok desanya. Sebagai tempat yang sangat berkesan dengan beragam objek wisata...

Dua Sejarah Pendirian Candi Prambanan

Indonesia memang negara yang mempunyai banyak candi yang terkenal, hingga UNESCO saja menjadikannya sebagai situs warisan dunia. Jika kita melihat di Magelang ada Candi...

Hutan Mangrove Kulon Progo

Sudah berapa lama anda bekerja tanpa beristirahat bahkan untuk mengambil waktu berkualitas bersama dengan keluarga anda saja tidak memiliki waktu yang banyak. Sudah berapa...