Beranda Info Wisata Dua Sejarah Pendirian Candi Prambanan

Dua Sejarah Pendirian Candi Prambanan

Indonesia memang negara yang mempunyai banyak candi yang terkenal, hingga UNESCO saja menjadikannya sebagai situs warisan dunia. Jika kita melihat di Magelang ada Candi Borobudur, maka di sisi timurnya anda akan melihat candi hindu yang tidak kalah megahnya dan telah menjadi warisan budaya dunia sejak pad tahun 1991. Candi tersebut tidak lain adalah Candi Prambanan.

Bangunananya yang sangat megah dan indah, tentunya juga bangunan yang sangat penting bagi umat Hindu tersebut mempunyai hal-hal yang sangat menarik untuk dieksplorasi lebih lanjut. Salah satunya adalah legenda Roro Jonggrang, merupakan tergolong ke dalam kompleks bangunan yang sangat luar biasa megahnya sampai denan Sendratari Ramayana.

Kisah yang paling populer adalah Roro Jonggrang mengenai asal usul dari candi ini. Tapi siapa sangka jika ada versi cerita lain mengenai asal usul  dari Candi Prambanan ini.

Sejarah Candi Prambanan

Telah dicerikatan jika awal mula dari pembangunan candi ini adalah oleh Rakai Pikatan. Ia dikenal sebagai raja Mataram Kuno dari dinasti Wangsa Sanjaya. Adapun pembangunan dari candi ini dimulai pada tahun 850 masehi kemudian masih berlanjut hingga pemerintahan Raja Lokapala.  Di ceritakan juga bahwa terdapat cerita dari Prasasti Shivagrha, yang memuat informasi jika tempat ini dibangun guna menghormati Dewa Siwa sebagai sosok dewa paling tinggi kedudukannya.

Jika anda lihat memang banyak sekali candi-candi kecil yang berada di sekitarnya, namun situs ini akan menjadi tempat utama dalam menggelar upacara-upacara berbalut keagamaan dan pengorbanan dalam agama Hindu. Hal itu berubah total ketika Mpu Sindok yang merupakan sang raja terakhir dari dinasti Wangsa Sanjaya, bermaksud untuk memindahkan pusat kerajaan di Jawa Timur. Sehinga bangunan yang dipelopori oleh Rakai Pikatan tersebut pun mulai ditinggalkan dan kemudian mengalami kehancuran.

Mulai dari Legenda Roro Jonggrang Yang Sangat Melegenda

Ada versi Jawa-nya dalam pembuatan candi ini, alkisah memang seorang Raja bernama Prabu Boko yang mempunyai putri cantik yang mereka namai Roro Jonggrang. Pada suatu hari kerajaan Prabu Boko tersebut diserang oleh Kerajaan Pengging yang kala itu dipimpin langsung oleh Pangeran Bandung Bondowoso. Namun sayangnya memang Prabu Boko meninggal dan kemudian seluruh kerajaan berpindah tangan kepada sang pangeran.

Dikatakan juga bahwa Bandung Bondowoso yang diam-diam sangat tertarik untuk menjadikan istri putri Roro Jonggrang. Kemudian sebagai syaratnya Roro Jonggrang yang benci sekali terhadap pria tersebut memintanya untk dibuatkan 1000 candi dalam waktu semalam. Ada sebuah upaya untuk menggagalkan keinginan Bandung Bondowoso. Pangeran ini sendiri dibantu oleh para jin untuk membangunnya.

Sang putri sendiri, Roro Jonggrang tidak putus asa, ia kemudian menumbuk lesung pada waktu dini hari sehingga ayam pun berkokok. Kemudian karena telah mengira jika hari telah pagi, maka para jin bergegas langsung pergi saja sedangkan pekerjaan mereka belum tuntas semua. Setelah sampai pagi hari hanya 999 candi yang berhasil dibuat pangeran dan jin nya tersebut.

Tentunya Roro Jonggrang merasa senang, itu berbanding terbalik dengan Bandung Bondowoso. Pangeran menyadari adanya kecurangan oleh Roro Jonggrang, yang menjadi penyebab ia gagal untuk memperistri putri Jonggrang, sehingga dengan kesaktiannya ia pun mengutuk Roro Jonggrang untuk menjadi candi yang ke 1000.

Bagian-Bagian terkenal Candi

Bagian pada wisata Candi Prambanan ini sendiri terbagi ke dalam 3 zona, yaitu adanya pelataran njobo atau yang berati lain luar, tengahan atau tengah dan juga njeron yang berarti di dalam. Tentunya ketiga zona itu merupakan inspirasi dari ajaran kosmologi Hindu.

Jika anda adalah wisatawan, maka anda bisa mengambil paket wisata Jogja yang di tawarkan oleh orang orang sekitar untuk berada di tempat ini dan mendapatkan pelayanan terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

5 Makanan Unik Dalam Wisata Kuliner di Jogja

Berwisata keliling Jogja memang membuat perut menjadi lapar. Tapi jangan khawatir karena Jogja selalu mempunyai sajian makanan yang enak dan mengenyangkan. Jogja...

Pantai Jogan

Objek wisata pantai Jogan ini diapit oleh tebing-tebing khas pegunungan kapur pantai Jogan ini seperti peraduan saja dimana tempat air sungainya turun...

Menilik Keindahan Sejarah dari Candi Ijo

Jogja memang selalu istimewa baik yang berada di perkotaannya atau di pelosok desanya. Sebagai tempat yang sangat berkesan dengan beragam objek wisata...

Dua Sejarah Pendirian Candi Prambanan

Indonesia memang negara yang mempunyai banyak candi yang terkenal, hingga UNESCO saja menjadikannya sebagai situs warisan dunia. Jika kita melihat di Magelang ada Candi...

Hutan Mangrove Kulon Progo

Sudah berapa lama anda bekerja tanpa beristirahat bahkan untuk mengambil waktu berkualitas bersama dengan keluarga anda saja tidak memiliki waktu yang banyak. Sudah berapa...